Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page - Optimasi SEO On Page untuk Blogger sanggup dilakukan dengan cara mengoptimalkan halaman dalam suatu situs atau SEO on page dan halaman luar situs itu sendiri atau dikenal dengan istilah SEO off page.
Kenapa SEO On Page harus lebih didahulukan?
Jika diibaratkan sebuah bangunan, membangun sebuah blog maka yang harus terlebih dahulu dilakukan yaitu membangun sebuah pondasi yang berpengaruh semoga nanti bangunan tersebut menjadi kokoh serta tidak gampang tergoyahkan. Begitu juga dengan membangun sebuah Blog, langkah awal yang harus menjadi pertimbangan yaitu meneliti setiap bab (internal) sebuah blog dan berusaha untuk menjaga serta mengatur semoga adanya keseimbangan sebelum melaksanakan Optimasi SEO Off Page. Artinya kenapa kita harus terburu-buru dalam melaksanakan meningkatkan secara optimal keluar (Off Page), jikalau landasan awalnya sendiri belum siap.
Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh berikut hal-hal yang diharapkan sebagai landasan awal untuk membangun sebuah blog.
Pemilihan Template
Template yaitu kerangka awal dimana sebuah blog akan dibangun. Pada bab ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam huruf sebuah template. Jangan menentukan sebuah template hanya dilihat dari tampilan luarnya saja, tapi juga perlu dilihat struktur dalam template apakah sudah baik dan dekat dengan mesin pencari.
Pengaturan Tag Heading (H1 - H6)
Ini merupakan hal penting yang harus diatur sedemikian rupa. Sesuai dengan unsur yang dianjurkan search engine semoga lebih sanggup mengenali sebuah blog. Sebaiknya, hindari penggunaan dua atau lebih Tag H1 pada Postingan dan Halaman Statis. Selanjutnya gres pada sub judul kita gunakan Tag H2 (heading 2) dan begitu seterusnya sampai ke Heading yang lebih kecil.
Konten atau Isi
Content Is King demikianlah yang sering dibicarakan oleh para pakar SEO di seluruh dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan yaitu konten mirip apa yang bisa dibilang telah masuk dalam kategori konten yang berkualitas?
Menurut beberapa rekomendasi, yakni konten unik bukan hasil dari
Menu atau Navigasi
Menu atau Navigasi pada blog sanggup kita ibaratkan sebagai langkah awal pemandu seorang pengunjung untuk melangkah lebih jauh ke dalam blog kita. Kita bisa bayangkan, jikalau sebuah hotel glamor tanpa seorang resepsionsis penyambut tamu. Tamu tidak akan tahu kemudahan apa yang disediakan hotel yang ia kunjungi untuk menciptakan seorang tamu bisa betah berlama-lama di hotel tersebut. Dan ada kemungkinan ia akan memutuskan untuk berpikir mencari hotel lain yang bisa memberi rekomendasi ihwal hal yang beliau butuhkan.
Navigasi tersebut bisa berupa warta utama mirip Halaman Kontak, Tentang, Disclaimer, dan tak ketinggalan yaitu Sitemap atau Daftar Isi sebagai bab penting pada blog. Lalu sanggup pula ditambahkan dengan hidangan untuk Kategori dan lainnya.
Dengan kelengkapan pada Menu tersebut maka akan sangat membantu pengunjung dalam menemukan warta yang ia cari. Serta akan menjadi sebuah rekomendasi dari kita yang akan bermetamorfosis jalan penuntun bagi pengunjung untuk terus menjelajah setiap artikel blog.
Tidak hanya itu, sistem navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah blog yang nantinya akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya Google.
Judul Postingan
Judul Postingan memiliki tugas penting dan harus memenuhi unsur kata kunci. Dalam hal ini diharapkan kreativitas dan ide, serta kemampuan membaca potensi kata kunci yang akan diketik oleh calon pengunjung di search engine.
Unsur lain yang tidak kalah penting dalam penentuan judul artikel yaitu harus memiliki relevansi dengan isi artikel bersangkutan. Untuk itu kita bisa memasang sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang sehabis simpulan dari sebuah artikel.
Navigasi Link Pada Konten
Pada sebuah blog, link yang menghubungkan satu halaman pada kehalaman lain, sangat berperan penting untuk meningkatkan ranking. Fungsi ini mirip dengan Menu Navigasi yang telah Saya sebutkan di atas. Link tersebut berkhasiat sebagai penunjuk bagi pengunjung dikala mencari warta selanjutnya atau yang terkait. Biasanya link-link tersebut sanggup dalam sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang sehabis simpulan dari sebuah artikel.
Pemilihan Kata Kunci
Kata Kunci atau keywords harus diadaptasi dengan Topik serta Judul Artikel. Secara umum, kata kunci utama yang kita bidik diupayakan mengandung unsur judul artikel dan relevan dengan isi konten. Dalam hal ini sedikit penambahan kata untuk menambah peluang memperoleh pengunjung yang memakai mesin pencari untuk menemukan Informasi. Sebaiknya hindari kata kunci tunggal, alasannya hampir pada semua kata kunci tunggal selalu akan berat persaingannya.
Pengaturan atau Peletakan Kata Kunci pada Konten
Pada sebuah artikel biasanya akan ada beberapa Paragraf, bagi dan atur keywords utama pada setiap paragraf dengan pas dan seimbang. Jangan menumpukkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja. Rangkailah kata kunci tersebut se-natural mungkin dan tersemat secara merata pada beberapa bab konten.
Demikian sedikit tips SEO mengenai Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page pada blog. Semoga bermanfaat.