Tips Komunikasi Online Yang Baik - Dewa Blogger

Halaman

    Social Items

Buy Now
Tips Komunikasi Online yang Baik – Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan online? Berikut beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk itu.

 Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan online Tips Komunikasi Online yang Baik

Biasakan Diri Dengan Komunikasi Tertulis


Tidak semua orang punya talenta menulis. Tentu kita tidak mencari seorang penulis ulung di sini. Pebisnis online tidak punya banyak waktu untuk mengikuti pembinaan menulis pastinya. Kita hanya perlu membiasakan diri berkomunikasi menggunakan tulisan. Walau tidak berhadapan pribadi dengan pelanggan, bukan berarti kita tidak sanggup bersikap ramah kepada pelanggan. Perlu diingat, keramahan dan kemarahan sanggup tertangkap dari susunan teks yang kita ketik di layar komputer atau gadget. Pilihlah kata-kata yang menyuarakan persahabatan. Sapa pelanggan dengan nama atau awali dengan basa-basi menanyakan kabar.

Bayangkan kita sedang berbicara pribadi dengannya sehingga akan tersusun bahasa tertulis yang komu­nikatif dan bersahabat. Bagi mereka yang sudah terbiasa berkomunikasi dengan pesan instan, menyerupai WhatsApp atau BlackBerry Messenger, tidak akan menemukan kesulitan berarti dengan gaya komunikasi ini.

Teliti Membaca Pesan


Seorang penjual offline akan menyimak keinginan pelanggan ketika mereka berkomunikasi langsung. Hal serupa juga dilakukan penjual online. Bedanya, pelanggan toko online memberikan apa keinginannya melalui pesan tertulis. Ketelitian membaca pesan sanggup menghindarkan masalah, menyerupai salah kirim pesanan, alasannya hal ini sangat berdampak besar pada bisnis. Banyak problem terjadi akhir penjual kurang teliti membaca pesanan atau sulit menduga keingingan pelanggan dari pesan tertulis yang penuh dengan kependekan kata. Masalah-masalah itu terkesan sepele, tapi akan bergulir menjadi problem besar di kemudian hari apabila terus dibiarkan. Ingatlah, di dunia bisnis online, reputasi amat sangat dipertaruhkan.

Respons yang Baik dan Cepat


Alasan utama orang berbelanja online yaitu ingin serba mudah dan cepat. Itulah mengapa seorang penjual online sebaiknya memberi respons yang cepat ke pelanggan. Pembeli online tidak menghabiskan waktunya untuk mendapat respons dari kita saja. Kemungkinan besar ia juga mencari produk serupa dari toko online lain atau bahkan dari banyak toko online. Siapa yang merespons paling baik dan cepat, ia yang akan memenangkan transaksi. Kita sebaiknya selalu berpikir dengan keyakinan “Siapa cepat, ia dapat.” Tidak sanggup dipungkiri, hal inilah yang berlaku di dunia bisnis online. Bukan hanya cepat, tapi juga harus baik dan memuaskan. Ketika stok barang yang dipesan habis, bukan berarti kita mengalah kalah. Kita sanggup berusaha dengan menggunakan kalimat, “Akan kami usahakan memesan stok yang Anda cari sesegera mungkin.”

Simpan Data Percakapan


Keunggulan komunikasi tertulis dibanding komunikasi ekspresi yaitu kita sanggup menyimpan semuanya. Dengan menyimpan data percakapan dengan pelanggan, kita sanggup mengenali

kebutuhan mereka dengan baik. Dengan mengenali kebutuhan pelanggan, kita sanggup menyempurnakan taktik pemasaran dengan lebih baik lagi. Data percakapan dengan pelang­gan juga sangat membantu apabila terjadi problem di kemudian hari.

Gunakan Emoticon


Tidak semua hal yang ingin disampaikan sanggup terwakili dalam komunikasi tertulis. Kadang kita ingin menghibur pelanggan yang kecewa dengan memberi senyuman simpatik, atau memberikan rasa ikut berduka atas problem yang dihadapi. Kata-kata saja tidak cukup untuk itu. Dalam ko­munikasi lisan, kita sanggup menggunakan ek­spresi wajah, mimik, dan gerak-gerik. Di dunia komunikasi tertulis, semua sanggup digantikan dengan emoticon, walaupun tidak pernah sanggup seefektif ekspresi sesungguhnya. Namun setidaknya kita sudah berusaha. Gunakanlah emoticon yang sempurna ketika dibutuhkan.

Tetap Terbuka


Sampaikan problem teknis yang mungkin mengancam. Seorang pembeli online selalu berharap pesanannya tiba sempurna waktu dalam kondisi baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Namun, sering kali ada problem teknis dan non-teknis yang menciptakan penjual online tidak sanggup memenuhi keinginan pelanggan, mulai dari kesibukan yang tiada henti, sempitnya waktu yang tersedia, hingga problem dengan bab ekspedisi. Semua problem itu sanggup terjadi di luar kontrol penjual dan kesannya pembeli akan kecewa. Usahakan selalu terbuka dengan pelanggan mengenai problem yang terjadi. Jelaskan garis besarnya dan meminta maaf atas hal itu. Pelanggan memang berada di kawasan yang jauh, tidak sanggup pribadi datang, dan memarahi kita, tapi bukan berarti kita sanggup mengabaikan kekecewaannya. Komunikasi tertulis bukan alasan untuk mengecewakan pelanggan. Komunikasi menjadi kunci utama dalam sebuah bisnis online.

Tips Komunikasi Online Yang Baik

Tips Komunikasi Online yang Baik – Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan online? Berikut beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk itu.

 Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan online Tips Komunikasi Online yang Baik

Biasakan Diri Dengan Komunikasi Tertulis


Tidak semua orang punya talenta menulis. Tentu kita tidak mencari seorang penulis ulung di sini. Pebisnis online tidak punya banyak waktu untuk mengikuti pembinaan menulis pastinya. Kita hanya perlu membiasakan diri berkomunikasi menggunakan tulisan. Walau tidak berhadapan pribadi dengan pelanggan, bukan berarti kita tidak sanggup bersikap ramah kepada pelanggan. Perlu diingat, keramahan dan kemarahan sanggup tertangkap dari susunan teks yang kita ketik di layar komputer atau gadget. Pilihlah kata-kata yang menyuarakan persahabatan. Sapa pelanggan dengan nama atau awali dengan basa-basi menanyakan kabar.

Bayangkan kita sedang berbicara pribadi dengannya sehingga akan tersusun bahasa tertulis yang komu­nikatif dan bersahabat. Bagi mereka yang sudah terbiasa berkomunikasi dengan pesan instan, menyerupai WhatsApp atau BlackBerry Messenger, tidak akan menemukan kesulitan berarti dengan gaya komunikasi ini.

Teliti Membaca Pesan


Seorang penjual offline akan menyimak keinginan pelanggan ketika mereka berkomunikasi langsung. Hal serupa juga dilakukan penjual online. Bedanya, pelanggan toko online memberikan apa keinginannya melalui pesan tertulis. Ketelitian membaca pesan sanggup menghindarkan masalah, menyerupai salah kirim pesanan, alasannya hal ini sangat berdampak besar pada bisnis. Banyak problem terjadi akhir penjual kurang teliti membaca pesanan atau sulit menduga keingingan pelanggan dari pesan tertulis yang penuh dengan kependekan kata. Masalah-masalah itu terkesan sepele, tapi akan bergulir menjadi problem besar di kemudian hari apabila terus dibiarkan. Ingatlah, di dunia bisnis online, reputasi amat sangat dipertaruhkan.

Respons yang Baik dan Cepat


Alasan utama orang berbelanja online yaitu ingin serba mudah dan cepat. Itulah mengapa seorang penjual online sebaiknya memberi respons yang cepat ke pelanggan. Pembeli online tidak menghabiskan waktunya untuk mendapat respons dari kita saja. Kemungkinan besar ia juga mencari produk serupa dari toko online lain atau bahkan dari banyak toko online. Siapa yang merespons paling baik dan cepat, ia yang akan memenangkan transaksi. Kita sebaiknya selalu berpikir dengan keyakinan “Siapa cepat, ia dapat.” Tidak sanggup dipungkiri, hal inilah yang berlaku di dunia bisnis online. Bukan hanya cepat, tapi juga harus baik dan memuaskan. Ketika stok barang yang dipesan habis, bukan berarti kita mengalah kalah. Kita sanggup berusaha dengan menggunakan kalimat, “Akan kami usahakan memesan stok yang Anda cari sesegera mungkin.”

Simpan Data Percakapan


Keunggulan komunikasi tertulis dibanding komunikasi ekspresi yaitu kita sanggup menyimpan semuanya. Dengan menyimpan data percakapan dengan pelanggan, kita sanggup mengenali

kebutuhan mereka dengan baik. Dengan mengenali kebutuhan pelanggan, kita sanggup menyempurnakan taktik pemasaran dengan lebih baik lagi. Data percakapan dengan pelang­gan juga sangat membantu apabila terjadi problem di kemudian hari.

Gunakan Emoticon


Tidak semua hal yang ingin disampaikan sanggup terwakili dalam komunikasi tertulis. Kadang kita ingin menghibur pelanggan yang kecewa dengan memberi senyuman simpatik, atau memberikan rasa ikut berduka atas problem yang dihadapi. Kata-kata saja tidak cukup untuk itu. Dalam ko­munikasi lisan, kita sanggup menggunakan ek­spresi wajah, mimik, dan gerak-gerik. Di dunia komunikasi tertulis, semua sanggup digantikan dengan emoticon, walaupun tidak pernah sanggup seefektif ekspresi sesungguhnya. Namun setidaknya kita sudah berusaha. Gunakanlah emoticon yang sempurna ketika dibutuhkan.

Tetap Terbuka


Sampaikan problem teknis yang mungkin mengancam. Seorang pembeli online selalu berharap pesanannya tiba sempurna waktu dalam kondisi baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Namun, sering kali ada problem teknis dan non-teknis yang menciptakan penjual online tidak sanggup memenuhi keinginan pelanggan, mulai dari kesibukan yang tiada henti, sempitnya waktu yang tersedia, hingga problem dengan bab ekspedisi. Semua problem itu sanggup terjadi di luar kontrol penjual dan kesannya pembeli akan kecewa. Usahakan selalu terbuka dengan pelanggan mengenai problem yang terjadi. Jelaskan garis besarnya dan meminta maaf atas hal itu. Pelanggan memang berada di kawasan yang jauh, tidak sanggup pribadi datang, dan memarahi kita, tapi bukan berarti kita sanggup mengabaikan kekecewaannya. Komunikasi tertulis bukan alasan untuk mengecewakan pelanggan. Komunikasi menjadi kunci utama dalam sebuah bisnis online.