Banyak banyak sekali macam situs yang mengharapkan mendapat pagerank tinggi. Tetapi yang perlu Anda ketahui yaitu Pagerank bukan segalanya dan mungkin sekarang Google tidak akan mengupdate pagerank untuk setiap website.
Jika kita memperhatikan GTO (Google Technology Overview), kita akan mengetahui bahwa top ingredients yang memicu baiknya SERP (Search Engine Result Page) sebuah blog yaitu faktor relevansi dan signifikansinya dengan data yang dicari pengunjung. Dengan ini terperinci bahwa nilai hakiki sebuah blog yaitu nilai relevansi. Seberapa besar artikel yang dicari oleh pengguna di search enginepada browser cocok dengan konten yang kita buat. Oleh kesudahannya artikel yang baik dan berkualitas saja yang akan tampil di hasil utama mesin pencari nantinya.
Sedangkan Jumlah Backlink masuk dan Rangking Blog hanya menempati sekitar 18% faktor di hasil pencarian tersebut. Tips SEO untuk Desain blog Anda sanggup menjadi relevansi dalam membangun sebuah halaman blog yang baik.
Berikut 3 Indikator yang sanggup meningkatkan kualitas Blog :
1. Conversation Rate
Conversion rate yaitu persentase seberapa besar visitor/pengunjung melaksanakan interaksi (melakukan konversi) dibandingkan dengan yang hanya melihat design website kita. Conversion Rate sanggup dalam bentuk membeli produk (ecommerce), signing up pada mailing list, mengklik iklan, memperlihatkan donasi, mendownload file, atau bahkan hanya memberi komentar.
Adapun implementasi untuk memperbaikinya sanggup dilakukan dengan memperbaiki deskripsi suatu produk (ecommerce), meningkatkan doktrin publik, design website yang gampang / menarik, mengangkat suatu topik artikel yang unik dan benar-benar gres dan lain-lain.
2. Bounce Rate
Bounce Rate merupakan presentasi seberapa besar pengunjung meninggalkan halaman blog anda menurut waktu kunjungan. Bounce ini terjadi saat seorang pengunjung mengunjungi halaman blog kita kemudian tidak tertarik kepada artikel yang kita buat sehingga menciptakan halaman yang dibuka oleh pengunjung akan segera ditutup.
Cara memperbaiki dan meningkatkan jumlah bounce rate ini sanggup dilakukan dengan memberi deskripsi konten yang sesuai dan konsisten sehingga tema suatu konten tidak jauh berbeda dari tema sesungguhnya.
3. Clickthrough Rate (CTR)
Dalam konteks organic search results, Clickthrough rate yaitu berapa sering pengunjung mengklik blogmu sebanyak jumlah blogmu itu ditampilkan dalam search result. CTR yang rendah sanggup mengindikasikan bahwa pengunjung menerka blogmu tidak relevan dengan data yang dicarinya, atau mungkin pengunjung menemukan halaman blog lain yang lebih baik.
Dan cara untuk meningkatkan clickthrough rate ini yaitu dengan memperhatikan dan memperbaiki title dan deskripsi blogmu. Apakah deskripsinya sudah menarik? Atau adakah alasan unik yang sanggup ditawarkan kepada user untuk mengklik link ke blogmu?
Disamping 3 hal di atas, masih ada beberapa faktor lain yang sanggup dijadikan ukuran baiknya sebuah blog menyerupai faktor traffic, daily reach, jumlah pageview dan time on site.
Faktor-faktor lain tersebut sanggup juga dilakukan dengan meningkatkan rangking alexa dengan cepat dan signifikan.
Demikianlah goresan pena artikel yang berjudul Panduan Meningkatkan Kualitas Blog di blog yang singkat dan sederhana ini, supaya sanggup bermanfaat sebagai pengetahuan Anda.