Berkomunikasi melalui email pada masa ini hanya dilakukan oleh orang-orang terdekat dan terpercaya, ibarat keluarga, sahabat baik, rekan kerja, internal perusahaan, kawan bisnis, dan sejenisnya. Tidak heran apabila pebisnis online masih terus berlomba-lomba mendapatkan perhatian pelanggan melalui email. Interaksi melalui email dianggap sebagai sesuatu yang personal, akrab, dan selayaknya sahabat baik.
Pemasaran selalu berbicara perihal kedekatan pebisnis online dengan pelanggannya. Ada bahasa khusus yang digunakan ketika mereka saling berinteraksi secara privat, bukan di lini massa Twitter yang bisa dibaca orang banyak, kolom komentar blog, atau lembaga jual beli. Email terbukti bisa mendongkrak angka penjualan. Studi yang diakukan ExactTarget, sebuah konsultan pemasaran online, menyatakan sebesar 77% pelanggan menentukan mendapatkan pesan-pesan pemasaran melalui email ketimbang aplikasi lain. Sebanyak 44% akseptor email marketing melaksanakan setidaknya satu transaksi pembelian dalam setahun. Ada banyak alasan mengapa email masih sangat diharapkan di kala ini, kala di mana akses komunikasi begitu bermacam-macam dan terbuka. Jangan lupa, konsep pemasaran melalui email masih terus digunakan perusahaan-perusahaan besar. Sebaiknya bisnis level Usaha Kecil Menengah (UKM) memakai email juga kalau ingin mengejar ketertinggalan.
Berikut 5 alasan mengapa email begitu penting bagi pemasaran online.
Cara Termudah Menjangkau Pelanggan
Di kala komunikasi mobile, di mana hampir semua orang mempunyai smartphone, komunikasi melalui email menjadi prioritas yang patut dipertimbangkan. Memeriksa email bisa dilakukan sama simpelnya dengan membuka SMS di ponsel. Melihat fakta ini maka bisa dikatakan bahwa memasarkan sesuatu melalui email jauh lebih efektif ketimbang melalui SMS.
Dengan email, kita bisa mengirim sapaan akrab, deskripsi yang lebih lengkap, bahkan foto barang yang ingin ditawarkan. Semua bisa didapatkan pelanggan cukup dengan sekali klik di ponsel pintarnya, bahkan ketika mereka masih setengah terlelap di daerah tidur. Semudah itulah menjangkau pelanggan melalui email di masa kini.
Cara Paling Akrab Untuk Berinteraksi
Memasarkan barang melalui email bukan hal yang dilakukan hanya alasannya email gampang menjangkau pelanggan. Inilah suatu seni administrasi ciamik yang membantu pemilik perjuangan semoga tetap terhubung dengan pelanggannya. Pelanggan yang sudah teregistrasi ke lapak online atau blog kita secara otomatis sudah berinteraksi dengan kita. Namun, apakah interaksi itu cukup baik? Email menjadi alat yang bisa memastikannya. Dengan email, pebisnis seolah mempunyai akses khusus untuk memberikan info secara pribadi ke pelanggan. Kita akan mengenali siapa pelanggan yang menyukai merek tertentu sehingga bisa mengirim email penawaran setiap ada produk bermerek itu. Apabila disertai dengan video promosi atau foto menarik, pelanggan akan merasa diperlakukan istimewa.
Cara Paling Efektif Untuk Menyampaikan Informasi
Mungkin kita sudah merasa cukup terhubung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Direct Message di Twitter, SMS, atau telepon? Tunggu dulu. Itu semua mempunyai perbedaan yang sangat besar jikalau dibandingkan dengan penggunaan email. Ada dikala kita ingin memberikan info selengkap mungkin ke pelanggan, mungkin perihal promosi merk terbaru atau diskon, yang tidak cukup disampaikan melalui pesan instan. Email dengan subjek menarik dan sentuhan personal akan jauh lebih efektif dalam memberikan info kepada pelanggan.
Cara Paling Murah Untuk Berpromosi
Ya, hal ini betul sekali. Promosi yang panjang lebar, detail, dan lengkap dengan foto bahkan video, bisa menjangkau pelanggan yang sedang ada di benua lain sekalipun. Itulah email. Semua sanggup dilakukan dengan biaya sangat murah ketimbang memasang iklan di media konvensional, ibarat TV, radio, majalah, atau koran. Bagi kalangan UKM, promosi melalui email merupakan pilihan paling bijak.
Cara Paling Praktis Untuk Memahami Pelanggan
Memiliki database alamat email pelanggan saja sudah suatu modal besar untuk melaksanakan riset pemasaran. Terlebih lagi sehabis kita menjalankan email marketing. Ada software yang sanggup membantu pebisnis untuk menganalisis siapa saja yang sudah membuka email yang kita kirimkan, memberi respons, link mana yang mereka klik, dan siapa yang melaksanakan transaksi. Dari sini, kita sanggup memonitor acara pelanggan sehingga bisa lebih memahami selera dan kebutuhan mereka. Apakah pendekatan yang dilakukan selama ini sudah cantik atau masih ada yang perlu diperbaiki? Menganalisis interaksi dengan pelanggan melalui email merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjawab pertanyaan itu.
Email marketing yang dijalankan kebanyakan pebisnis online biasanya memakai format newsletter, adalah satu pesan disampaikan secara otomatis ke banyak akseptor sekaligus. Dengan begitu, kita tidak perlu mengetik dan mengirimkan email satu demi satu ke pelanggan. Ada banyak aplikasi menciptakan newsletter yang bisa didapatkan secara online. Jika merasa terlalu awam untuk melaksanakan hal ini, kita bisa meminta derma teman. Intinya, secara teknis menciptakan newsletter bukan masalah rumit. Kita hanya butuh derma di awal saja, kemudian akan bisa melakukannya sendiri.