Alex Chris dari ReliableSoft.net mendefinisikannya sebagai suatu proses membangun kesadaran perihal diri, produk, atau jasa melalui banyak sekali jalan masuk media sosial.
Tujuan utama dari kampanye marketing media umum ialah sebagai berikut.
- Memperbanyak trafik ke suatu situs.
- Meningkatkan visibilitas suatu produk.
- Menambah lebih banyak pengikut di media sosial.
- Mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Kenapa media umum begitu penting bagi suatu bisnis? Alex Christ menjabarkan alasannya ialah sebagai berikut.
Paling Cepat
Media sosial ialah cara tercepat untuk menyebarkan pesan mengenai suatu produk atau barang. Sebuah twit di Twitter sanggup menyebar secara viral dalam hitungan menit, bahkan lebih cepat dari TV atau media tradisional lain.
Paling Lengkap
Jutaan orang di seluruh dunia menghabiskan banyak waktu untuk aktif di jejaring media sosial. Mereka berasal dari banyak sekali kelas sosial, kelas ekonomi, profesi, etnis, agama, warna kulit. Kita butuh sosok ibarat apa? Semua sanggup dijumpai di media sosial.
Paling Tren
Inilah jenis kampanye marketing paling tren ketika ini. Di masa lalu, orang memasang billboard di tepi jalan dengan keinginan sanggup terbaca oleh para pengendara mobil. Tapi, itu masa lalu. Kini orang lebih memperhatikan apa yang ada di layar komputer atau gadget.
Paling Berpengaruh
Makin banyak studi yang mengindikasikan media umum sangat penting dalam menjalankan bisnis. Terbukti kian banyak perusahaan mengggarap akun media sosialnya secara serius demi mendapat lebih banyak pelanggan. Apakah hanya perusahaan besar yang sanggup memanfaatkan media umum untuk pemasaran? Tentu saja tidak. Justru Usaha Kecil Menengah (UKM) sanggup sangat terbantu dengan media sosial. Coba saja ikuti sejumlah akun media umum yang memperlihatkan produk di Twitter atau Facebook. Banyak yang berasal dari kalangan UKM.